PEGADAIAN Indonesia

mengatasi masalah tanpa masalah

Wednesday, February 06, 2008

Kepemimpinan Berdasar Golongan Darah


Banyak teori kepemimpinan, tetapi sedikit buku yang mengulasnya berdasar golongan darah. Sebab, perdebatan kepemimpinan itu dilahirkan atau dibentuk, masih terus berlangsung. Bagi kalangan oportunis, jalan tengah merupakan cara termudah untuk mendeskripsikannya. Ya, dilahirkan tetapi juga dibentuk, demikian kata mereka. Agar sahih, tak lupa dikutipnya beberapa pasal kitab suci.

Sesungguhnyalah, penjabaran kepemimpinan kali ini, tidak untuk membenarkan salah satu aliran tersebut. Melainkan lebih ke petunjuk praktis, bahwa ada mata rantai yang hilang dari proses pemahaman kita antara golongan darah, kesehatan, penyakit, vitalitas, kekuatan emosional bahkan kepribadian dan...kepemimpinan. Dalam golongan darah inilah terletak kelebihan dan kekurangan kita secara mendasar.

Golongan Darah O

Berasal dari kata Old dan memang golongan darah tertua dibanding tiga golongan darah yang lain. Ditemukan sekitar 40.000 tahun SM di Afrika dari manusia purba predator dan pemburu, pemakan daging. Pemilik asam lambung tinggi ini mempunyai jiwa kepemimpinan, agresif, ekstrovert (terbuka), energik dan fokus. Sekaligus, kurang hati-hati, temperamental (tidak sabaran) dan cenderung berorientasi hasil. Juga penyuka menerobos aturan dan kemapanan, sehingga sangat sesuai sebagai pendobrak/pembuka usaha baru.

Golongan Darah A

Pengembaraan pemilik gol darah O sesampainya di Eropa, Timur Tengah dan Asia mengalami mutasi genetika secara otomatis, setelah mereka menemukan lahan subur untuk bertani, sehingga pola makan dan pola hidup berubah. Lahirlah golongan Agrarian (A) antara tahun 25.000 - 15.000 SM. Sebagai pemakan tumbuh-tumbuhan, kekebalan tubuhnya rendah dengan asam lambung yang rendah pula. Pola kepemimpinannya takut mengambil resiko, teliti, taat pada peraturan, detil, teratur dan rapih. Peka dan tidak suka dikritik.

Golongan Darah B

Tipe ini lahir sekitar 15.000 - 10.000 SM di daerah pegunungan Himalaya (antara India dan Pakistan). Perubahan ke iklim dingin itu menumbuhkan pemikiran untuk menciptakan sistem irigasi & teknik bercocok tanam yang lebih baik. Sehingga hal yang paling menonjol adalah kreativitas, kecerdasan dan penguasaan sistem tehnis sangat mereka kuasai. Keseimbangan merupakan basis kepemimpinan mereka. Kemampuan paling menonjol adalah ketika mereka berhasil lolos bila dihadapkan pada situasi kritis yang membahayakan. Hal ini bukan hanya masalah kepemimpinan saja. Bahkan tipe ini terkenal memiliki kemampuan untuk terhindar dari penyakit yang mengancam jiwa seperti Jantung dan kanker.

Golongan Darah AB

Tipe ini dikenal sebagai pemilik golongan darah modern karena merupakan tipe baru penggabungan A dan B. Sehingga jumlahnyapun diperkirakan tidak sampai 5% dari populasi dunia. Kepribadian/kepemimpinan tipe ini juga penggabungan dari golongan darah A dan B, yakni sensitif dan seimbang. Sekalipun demikian jangan anggap mereka selalu split of personality. Intuisi mereka sangat tajam, bahkan mengarah ke kemampuan supranatural.

Implementasi

Sebuah paradigma baru diperkenalkan. Golongan darah bukan hanya urusan kesehatan semata. Tetapi ia sangat terkait erat dengan kepemimpinan. Itulah sebabnya rekrutmen awal selalu disebutkan gol.darah. Kedepan, golongan darah ini dapat dipakai sebagai salah satu alat pertimbangan pengambilan keputusan replacement bagi BOD.

Meskipun tidak mutlak, tetapi pekerjaan administratif yang memerlukan kejelian bisa diambil dari tipe A (Fungsional: mis. Auditor; Struktural: mis. Adkeu di Cabang/Kanwil/Pusat bahkan bisa juga ke BOD)

Penempatan tipe O, B dan AB bisa bervariatif tergantung kondisi tempat/lahan kepemimpinan, bukan geografis saja. Misalnya di sebuah unit memerlukan penanganan khusus untuk gejolak fraud, tipe O & B cocok sebagai peredam. Tapi jika gejolak itu lebih dikarenakan lingkungan/pasar maka tipe B lebih sesuai. Setelah fraud berlalu untuk memulihkan situasi tipe B dan AB sangat cocok sebagai penyeimbang kondisi. Ini semua bukan rumus pasti, analisa golongan darah musti dipadu dengan pisau analisis lain, misalnya kuadran Tipe sosial seseorang untuk kemudian diterapkan (fit and match) pada hasil pemetaan kondisi lingkungan kerja.

Jika dalam teori kepemimpinan menyatakan bahwa seorang Pimpinan perusahaan hendaknya bekerja berdasar pareto, 80 % intuisi dan sisanya by data; Barangkali BOD perlu diisi dari tipe AB juga hehehe... (saya tertawa karena BOD itu replacement politis, sehingga golongan darahnya apa, kemungkinan terabaikan)
-----------------------------
dari berbagai sumber

2 Comments:

Blogger MistyWorld111 said...

tau aja gw ke arah supranatural! hahaha...

9:26 PM  
Anonymous Anonymous said...

Layaknya seorang koki aku musti memasukkan berbagai bumbu kedalam masakan yang kubuat. Jika mistyworld111 mencicipi masakan tersebut dan mendapati rasa asin, ya wajarlah, karena memang ada garam yang kutabur. Sementara jika ada orang lain yang mendapati ada rasa manis pasti karena gula yang kutabur pula.

Sejatinya itulah seni penulisan kehidupan.

Regards,
KP

8:05 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home


Damai Sejahtera @ Terima Kasih

Free Website Counter