PEGADAIAN Indonesia

mengatasi masalah tanpa masalah

Wednesday, October 04, 2006

pegadaian dengan "p" kecil


Bicara tentang pegadaian 'an sich' bicara tentang 'kredit' dengan sistem gadai. Kata 'kredit' berasal dari 'credere' berarti kepercayaan. Kredit ada dua, yakni fiducia dan gadai. Fiducia berarti kredit dengan jaminan barang tetap - tidak bergerak. Sedangkan Gadai jaminan yang diagunkan berupa barang bergerak. Pegadaian (dengan P besar) di Indonesia saat ini secara formal-legalistik hanya ada satu, yakni PERUM Pegadaian dengan status BUMN milik pemerintah yang telah exist sejak 1901.

Menilik arti kata pegadaian dengan p kecil berarti ada dua. Yakni lembaga resmi milik pemerintah itu sendiri dan lembaga yang menyalurkan kredit dengan berdasar hukum gadai. Apakah lembaga lain itu telah ada ? Lembaga itu sekarang banyak menjamur di beberapa kota besar seperti Jakarta, Semarang, Makasar, Medan dan yang paling agresif di Surabaya. Mereka ada yang memakai baju perbankan, ada yang pakai nama koperasi, ada yang bersembunyi dibalik toko emas, tetapi ada juga yang terang-terangan pakai istilah Pegadaian, dengan P besar. Padahal nama Pegadaian telah dipatenkan resmi.

Di Makasar, surat bukti kredit dari Pegadaian diperjual belikan di masyarakat, bahkan di depan sebuah cabang ada lapak yang dengan tenangnya buka 'outlet' (lihat foto). Modus lain, tanpa merasa bersalah sebuah koperasi terima gadai dengan cara agunan yang diterima oleh pengurus koperasi itu digadai ke Pegadaian untuk menentukan besarnya uang pinjaman. Hal ini mereka lakukan untuk mengantisipasi kesulitan rekrut penaksir.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home


Damai Sejahtera @ Terima Kasih

Free Website Counter